6/21/12

java mobile

 
Java merupakan bahasa pemrograman yang sedang populer pada saat ini dan banyak digunakan oleh para programmer dan software developer untuk mengembangkan berbagai tipe aplikasi termasuk aplikasi mobile. Alasan utamanya karena java adalah bahasa pemrograman open source dan kompatible dengan berbagai macam platform (crossplatform).
 Java mobile dibagi dalam tiga kategori, seperti dibawah ini :
 a. Java 2 Standart Edition (J2SE)
 Sebuah standar API untuk merancang aplikasi desktop dan applets dengan bahasa dasar yang mendukung grafis, M/K, keamanan, konektivitas basis data dan jaringan. Java 2 Platform, Standard Edition (J2SE ) Platform digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java pada level Personal Computer (PC). Platform ini berisi class-class inti pada Java dan Graphical User Interface (GUI).
 b. Java 2 Enterprise Edition (J2EE)
 Kelompok dari beberapa API ( Application Programming Interface) dari Java dan teknologi selain Java. J2EE sering dianggap sebagai middleware atau teknologi yang berjalan di server. Platform ini berupa paket yang berisi class-class dan interface-interface yang digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java berbasis web, seperti class-class Servlet, Java Server Pages (JSP) dan Enterprise JavaBeans (EJB) serta Java CORBA.
 c. Java 2 Micro Edition (J2ME)
 Kategori ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada handled devices atau perangkat-erangkat semacam handphone, Palm, PDA, dan Pocket PC. Platform ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada handheld devices atau perangkat-perangkat semacam handphone, Personal Digital Assistance (PDA) dan PocketPC

 Komponen-komponen J2ME terdiri dari Java Virtual Machine (JVM) yang digunakan untuk menjalankan aplikasi Java pada emulator atau handheld device, Java API (Aplication Programming Interface) dan tools lain untuk pengembangan aplikasi Java semacam emulator Java Phone, emulator Motorolla dari J2ME wireless toolkit. Dalam pengembangan aplikasi wireless dengan Java, J2ME dibagi menjadi dua buah bagian diantaranya ialah bagian configuration dan profile

. a) Lapisan Konfigurasi (Configuration Layer) J2ME mempunyai dua konfigurasi yaitu `Connected Limited Device Configuration (CLDC) dan Connected Device Configuration (CDC).
 b) Lapisan Profil (Profile Layer) J2ME mempunyai beberapa profil antara lain :
 1. Mobile Iformation Device Profile (MIDP)
 2. Foundation Profile (FP)
 3. Personal Profile
 4. Personal Digital Assistance (PDA) Profile
.
 c) Connected Limited Device Configuration (CLDC) Spesifikasi CLDC adalah sebagai berikut

 1. Mengimplementasikan subset dari J2SE]
 2. JVM yang digunakan dikenal dengan nama K-Virtual Machine (KVM)
3. Digunakan pada perangkat handheld dengan ukuran memori terbatas (160-512 Kbytes)
 4. Prosesor : 16 Bit atau 32 Bit Pada bagian ini secara detail CLDC diperlukan untuk pengembangan aplikasi wireless dengan MIDP implementasinya CLDC digunakan untuk program Java pada perangkat keras dengan ukuran memori yang terbatas, pada 160 sampai dengan 512 Kilobyte. Akibatnya, fitur fitur yang kurang penting untuk diimplementasikan dalam handheld device yang bersangkutan dari Java 2 harus dibuang.

 d) MIDlets

 Aplikasi yang berjalan pada sebuah perangkat yang mendukung MIDP disebut dengan MIDlets, atau lebih singkatnya MIDlet merupakan aplikasi yang dibuat menggunakan Java 2 Micro Edition dengan profile Mobile Information Device Profile (MIDP)


Berikut laporan dan juga contoh aplikasi java mobile :
  laporan

contoh aplikasi.
Load disqus comments

0 comments

loading...